Dalam Sepekan Ini Angka Positif Covid-19 Naik Dua Digit, Dr.Ershan: PPKM Akan Kita Laksanakan

Dalam Sepekan Ini Angka Positif Covid-19 Naik  Dua Digit, Dr.Ershan: PPKM Akan Kita Laksanakan
dr Ersan Saputra Kadis Kesehatan Pemkab Bengkalis

BENGKALIS - Angka positif Covid-19 Kabupaten Bengkalis dalam seminggu terakhir mencapai angka Dua digit.

Hal ini diungkap Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis dr. Ersan Saputra kepada Indonesia satu.co.id. Senin (12/4) siang. Menurut dia peningkatan terjadi harus ditindaklanjuti.

"Saya sudah sampaikan kepada Bupati Bengkalis, Bupati meminta saya selaku Kepala Dinas Kesehatan untuk melaksanakan pemantauan di setiap desa dan Kecamatan, " kata Ersan.

Menurut dia, pihaknya juga sudah membicarakan kepada seluruh Forkompinda Bengkalis untuk rencana menerapkan Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro di Bengkalis. Pihak Forkompinda juga sudah setuju untuk pelaksanaan PPKM ini.

"Ini terkait dengan situasi bulan Ramadan, seperti kita ketahui di bulan Ramadan ini kita melaksanakan amalan amalan sunat terutama kegiatan tarawih yang harus dipantau di setiap mesjid jangan sampai jamaah ini alpa dalam melaksanakan protokol kesehatan, " terang Ersan.

Menurut dia, pihaknya akan bekerjasama juga dengan ulama, MUI dan mubaligh yang ada di Bengkalis. Mereka diminta untuk terus mengingatkan jamaah menerapkan protokol kesehatan.

Menurut dia, selain kegiatan ibadah dalam pelaksanaan PPKM nantinya pihaknya juga akan memantau kegiatan kegiatan tambahan selama Ramadan. Seperti kegiatan buka bersama, pihaknya akan meminta kegiatan seperti ini dilengkapi dengan protokol kesehatan.

"Kita harus tahu kegiatan buka bersama di rumah makan, atau restoran. Seluruh rumah makan, restoran harus melaporkan kepada tim Satgas jika ada kegiatan buka puasa bersama, " terangnya.

Rumah makan, restoran atau tempat tempat penyelenggara buka puasa bersama harus bertangungjawab penerapan protokol kesehatan saat melaksanakan kegiatan buka puasa di tempat mereka. Kalau tidak memberlakukan protokol kesehatan dan tidak memberitahu tim Satgas maka akan ada sanksi yang akan diberikan.

"Seperti sanksi teguran, sampai sanksi pencabutan izin mereka, " tambah Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis.

Menurut Ersan pemberlakuan PPKM di Bengkalis sedikit berbeda. Karena Bengkalis sampai saat ini masih zona kuning bukan zona merah.

"Kasus positif di Bengkalis ini bukan kasus klaster. Namun akibat kelalaian penerapan protokol kesehatan saat perjalanan dari luar daerah, " terang Ersan.

Sehingga penerapan PPKM juga sedikit berbeda, seperti ketentuan zona merah tujuh rumah dari rumah terkonfirmasi positif tidak diberlakukan. Karena saat ini Bengkalis belum sampai dalam kondisi seperti ini.

"Kita masih zona kuning, bahkan di dua kecamatan di Bengkalis masih zona hijau seperti di Rupat dan Tualang Mandau, " tambahnya.

PPKM yang akan diterapkan seperti disampaikan tadi, pembatasan dilakukan pada kegiatan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan masa dan berkerumun. "Bedanya disitu pembatasan yang kita lakukan khusus kegiatan kegiatan kerumunan. Jika tidak menerapkan protokol kesehatan bisa langsung dibubarkan, " terangnya.

Kegiatan keramaian bisa dilakukan, namun dengan melakukan pembatasan jumlah yang hadir dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Kita bukan membatasi orang yang datang, namun jika kapasitas melebih ketentuan akan di bagi sesuai protokol kesehatan, kita akan surati seluruh tempat makan untuk mematuhi ini, pengelola akan bertangungjawab untuk mengatur protokol kesehatan, " ungkapnya.(yulistar)

Bengkalis Riau
Yulistar

Yulistar

Previous Article

Lapas Kelas IIA Bengkalis Terapkan Transaksi...

Next Article

Target 5000 Vaksinasi Massal Tercapai 95...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 174

Postingan Tahun ini: 613

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 73

Postingan Tahun ini: 1026

Registered: Sep 22, 2020

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 60

Postingan Tahun ini: 204

Registered: Jan 24, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 58

Postingan Tahun ini: 547

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Widian.

Yusril Minta KPU Tunda Penetapan Pemenang Pilkada Labuhanbatu Tahun 2020
Akhirnya Terjawab Sudah, MK Terima Gugatan  Dan Mengadili Perkara PSU Pilkada 2020
Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
Pelaku Pembakar Rumah Di Desa Gancang Dijerat Pasal 178 KUHP Ancaman Penjara 12 Tahun

Follow Us

Recommended Posts

Kepala Divisi Pengawasan Transaksi Bursa Efek Indonesia Diperiksa Penyidik Jampidsus Terkait Dugaan Korupsi Pada PT. ASABRI
Kunker Virtual, Jaksa Agung Tegaskan Jangan Mudik
Jampidsus Limpahkan Laporan Hasil Penyelidikan Perkara Dugaan Korupsi Pengadaan Bantuan Benih Jagung Pada Penyidik Kejati Lampung
OTT Bupati Nganjuk,  Humas Polri: Wujud Sinergitas KPK dan Polri
Terkait Dugaan Korupsi PT. ASABRI, Penyidik Jampidsus Periksa Lima Saksi, Empat Ahli Serta Satu Tersangka