Dampak Survai Seismik PT. GSI, Humas: Kami Bertanggung Jawab Diganti Bersamaan Kompensasi

Dampak Survai Seismik PT. GSI, Humas: Kami Bertanggung Jawab Diganti  Bersamaan Kompensasi
Wabup Bengkalis Bagus Santoso di desa Teluk Latak

BENGKALIS - Dua unit rumah warga Desa Teluk Latak Kecamatan Bengkalis mengalami keretakan di sejumlah titik akibat aktivitas seismik yang dilaksanakan PT Gelombang Seismik Indonesia (GSI). 

Menanggapi keresahan warga, Wakil Bupati Bagus Santoso langsung menyambangi Desa Teluk Latak dan melakukan musyawarah. Kepala Desa Mansur, Camat Ade Suwirman dan pihak perusahaan dihadirkan. 

Hal itu dilakukan Bagus Santoso guna mendengar secara langsung apa yang terjadi. Kemudian bagaimana kegiatan seismik yang dilakukan PT GSI dan bagaimana pertanggungjawabannya. 

Humas PT GSI Irwadi mengatakan, kehadiran perusahaan pelaksanaan kegiatan seismik di Bengkalis guna mencari potensi Migas yang ada di bawah permukaan di Kecamatan Bantan dan Bengkalis. 

"Dari hasil inventory kami itu ada 37 desa yang menjadi kegiatan kami. Proses sosialisasi sudah kami lakukan tingkat kabupaten, kecamatan dan warga pemilik lahan yang terlintasi kegiatan kami. Kami berjalan terus sosialisasi sampai ke 37 desa. Kami jelaskan tahapan kegiatan dari awal sampai akhir, "ucapnya.

Dalam proses perekaman dan pengambilan data untuk potensi Migas, peledakan harus dilakukan. Tapi semuanya ada SOP yang harus diikuti. Misalnya terkait dengan jarak dan bangunan dan lainnya. 

"Apabila ada dampak dari kegiatan kami, kami sepenuhnya bertanggungjawab. Nanti kami akan bayar bertahap juga, mulai dari desa yang lebih dulu selesai kegiatannya. Khusus untuk bangunan sebelum kami melakukan perekaman dan peledakan bangunan yang terdekat dengan lintasan kami itu semuanya sudah kami data. Jadi kami memiliki data awal rumah yang masuk dalam lintasannya kami termasuk dua rumah yang kemarin (rusak). Kami bertanggungjawab, untuk pembayaran akan kami lakukan bersamaan dengan pembayaran kompensasi, "tegas Irwadi. 

Wakil Bupati Bagus Santoso menyebutkan Pemerintah Kabupaten Bengkalis menyambut baik korporasi dan perusahaan yang melakukan investasi di Bengkalis.

"Kita tahu setiap kegiatan pasti ada resiko. Ketika perusahaan, masyarakat dan pemerintah bisa duduk seperti ini maka semuanya, clear. Kalau perusahaan sudah bertanggungjawab terhadap kegiatannya maka tidak ada persoalan, tinggal lagi bagaimana penyelesaiannya. Mau dibayarkan serentak dengan kompensasi, hitung dengan standar yang ditetapkan, " kata Bagus. 

Bagus berharap, perusahaan terus melakukan sosialisasi maksimal terkait kegiatan. Baik di Forum maupun memanfaatkan tempat pengajian. 

"Kita berharap memang mendapatkan migas. Kalau potensinya ada, insyaallah Bengkalis tambah cemerlang dan bedelau, " pungkasnya.(yulistar)

Bengkalis Riau
Yulistar

Yulistar

Previous Article

Gerakan Vaksinasi Covid-19 Target Naik 5000...

Next Article

Jelang Ramadhan ULP PLN Bengkalis Gelar...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 174

Postingan Tahun ini: 613

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 73

Postingan Tahun ini: 1026

Registered: Sep 22, 2020

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 60

Postingan Tahun ini: 204

Registered: Jan 24, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 58

Postingan Tahun ini: 547

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Widian.

Yusril Minta KPU Tunda Penetapan Pemenang Pilkada Labuhanbatu Tahun 2020
Akhirnya Terjawab Sudah, MK Terima Gugatan  Dan Mengadili Perkara PSU Pilkada 2020
Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
Pelaku Pembakar Rumah Di Desa Gancang Dijerat Pasal 178 KUHP Ancaman Penjara 12 Tahun

Follow Us

Recommended Posts

Kepala Divisi Pengawasan Transaksi Bursa Efek Indonesia Diperiksa Penyidik Jampidsus Terkait Dugaan Korupsi Pada PT. ASABRI
Kunker Virtual, Jaksa Agung Tegaskan Jangan Mudik
Jampidsus Limpahkan Laporan Hasil Penyelidikan Perkara Dugaan Korupsi Pengadaan Bantuan Benih Jagung Pada Penyidik Kejati Lampung
OTT Bupati Nganjuk,  Humas Polri: Wujud Sinergitas KPK dan Polri
Terkait Dugaan Korupsi PT. ASABRI, Penyidik Jampidsus Periksa Lima Saksi, Empat Ahli Serta Satu Tersangka