Terkait Program Rp.1 Milyar Perdesa, Mas Bagus Gesa OPD Siapkan Data Kebutuhan Pangan

Terkait Program Rp.1 Milyar Perdesa, Mas Bagus Gesa OPD Siapkan Data Kebutuhan Pangan
Wabup Bengkalis Bagus Santoso sambangi Bulog Bengkalis

BENGKALIS - Terkait program bantuan Rp. 1 Milyar Perdesa dan pemberdayaan masyarakat melalui UMKM.  Wakil Bupati Bengkalis, H Bagus Santoso meminta kepada Kadis  Ketahanan Pangan, Disprindag dan Bagian Ekonomi, untuk menyiapkan data kebutuhan pangan masyarakat Bengkalis.

Hal tersebut disampaikan Bagus saat menyambangi ke kantor Badan Urusan Logistik (Bulog) Kabupaten Bengkalis, Kamis (8/4). Data kebutuhan pangan tersebut untuk 5 kecamatan, Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil dan Bandar Laksamana. 5 kecamatan ini berada di wilayah kerja Bulog Cabang Bengkalis.

“Tolong nanti mas Imam (Kadis Ketahanan Pangan) dibuatkan data berapa kebutuhan beras untuk pulau Bengkalis, juga kebutuhan daging, ayam potong dan lainnya. Hal ini berkaitan dengan rencana kita yang akan membuka lahan persawahan baru di Desa Pematang Duku dan beberapa desa lainnya, ” pintas Mas Bagus.

Contoh lain kata Bagus, terkait kebutuhan daging ayam di pulau Bengkalis, Pakning dan sekitarnya. Untuk pulau Bengkalis saja satu hari membutuhan 5 ton daging ayam, dan saat ini semua kebutuhan tersebut didatangkan dari luar.

“Kita dorong dan berdayakan masyarakat Bengkalis, tidak sekadar pembinaan dan pendampingan tapi juga memberikan ransangan atau stimulus kepada pelaku usaha. Mengapa harus kita datangkan dari luar, mengapa tidak kita ternak sendiri. Tidak hanya daging ayam tapi kebutuhan dapur lainnya, seperti cabe dan sayur-sayuran, ” imbuh Bagus.

Terkait rencana pembukaan lahan sawah baru, ternyata sesuai yang disampaikan Pimcab Bulog Bengkalis, Berdian Damanik bahwa Bulog siap menampung beras petani lokal.”Kerjasama seperti ini sangat kita apresiasi. Tak perlu kawatir kalai panen melimpah mau ‘dibuang’ kemana, Bulog siap menampung berapapun banyaknya, ” sebut Bagus lagi.

Stok Puasa dan Lebaran Tercukupi

Dalam kesempatan tersebut, Berdian Damanik menyampaikan bahwa stok beras untuk kebutuhan bulan Ramadhan dan Lebaran tercukupi, bahkan untuk tiga bulan ke depan. Selain beras, Bulog juga menyediakan daging beku dan beras Fortivit. Berras Fortivit adalah beras mengandung vitamin dan mineral. Berbeda dengan kebanyakan beras, produk beras ini tak perlu dicuci lagi sebelum ditanak.

“Beras Fortivit jenis premium yang telah melalui proses fortifikasi didalamnya mengandung nutrisi, seperti vitamin A, B1, B3, B6, B12, zat besi dan zinc, sangat baik untuk ibu hail dan untuk anak-anak balita. Secara garis besar, dengan mengkonsumsi beras ini secara rutin dapat meningkatkan stamina, imunitas tubuh, melancarkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan tulang, jantung, syaraf, otak dan telinga, ” ujar Sri Wahyuni Kasi Komersial Bulog Bengkalis.

Bulog kata Sri Wahyuni, sejauh ini sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah Bumdes di pulau Bengkalis. Bagi masyarakat yang ingin membeli beras Fortivit, daging beku serta berbagai kebutuhan pokok lainnya bisa langsung ke Bumdes yang sudah menjalin kerjasama dengan Bulog. (yulistar)

Bengkalis Riau
Yulistar

Yulistar

Previous Article

Rumah di Jalan Obor Mandau Sering Jadi Tempat...

Next Article

Metrologi Legal, Upaya Pemda Bengkalis Lindungi...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 174

Postingan Tahun ini: 613

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 73

Postingan Tahun ini: 1026

Registered: Sep 22, 2020

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 60

Postingan Tahun ini: 204

Registered: Jan 24, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 58

Postingan Tahun ini: 547

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Widian.

Yusril Minta KPU Tunda Penetapan Pemenang Pilkada Labuhanbatu Tahun 2020
Akhirnya Terjawab Sudah, MK Terima Gugatan  Dan Mengadili Perkara PSU Pilkada 2020
Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
Pelaku Pembakar Rumah Di Desa Gancang Dijerat Pasal 178 KUHP Ancaman Penjara 12 Tahun

Follow Us

Recommended Posts

Kepala Divisi Pengawasan Transaksi Bursa Efek Indonesia Diperiksa Penyidik Jampidsus Terkait Dugaan Korupsi Pada PT. ASABRI
Kunker Virtual, Jaksa Agung Tegaskan Jangan Mudik
Jampidsus Limpahkan Laporan Hasil Penyelidikan Perkara Dugaan Korupsi Pengadaan Bantuan Benih Jagung Pada Penyidik Kejati Lampung
OTT Bupati Nganjuk,  Humas Polri: Wujud Sinergitas KPK dan Polri
Terkait Dugaan Korupsi PT. ASABRI, Penyidik Jampidsus Periksa Lima Saksi, Empat Ahli Serta Satu Tersangka