Sidak Ke PT MAS, Komisi III DPRD Riau Temukan Tunggakan Pajak Air Permukaan

Sidak Ke PT MAS, Komisi III DPRD Riau Temukan Tunggakan Pajak Air Permukaan
Komisi III DPRD Riau Sidak ke PT. MAS ttg Air Permukaan

BENGKALIS - Tergerusnya pendapatan asli daerah dari pajak air permukaan selama ini belum mencapai target. Komisi III DPRD Riau mendatangi UPT Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau di Bengkalis. Kedatangan rombongan ini meminta pihak UPT Bapenda di Bengkalis mengumpulkan perusahaan yang wajib pajak air permukaan.

Dalam pertemuan ini UPT Bapenda Bengkalis menghadirkan tujuh perusahaan yang datang empat perusahaan. Bahkan tim Komisi III sebelum pertemuan juga meninjau salah satu perusahaan wajib pajak air permukaan di Bengkalis.

"Sebelum pertemuan ini kita tadi sempat Sidak ke PT Meskom, ternyata setelah kita tinjau perusahaan ini menunggak pajak air permukaan, " terang Ketua Komisi III DPRD Riau Husaimi Hamidi kepada wartawan usai pertemuan, Jumat (19/3) siang.

Selain menunggak pajak, meteran penggunaan air permukaan di perusahaan ini tidak standar. Selama ini PT Meskom Argo Sarimas menggunakan air permukaan 35 ton perjam, perusahaan hanya membayar sekitar dua juta rupiah perbulannya.

"Kita nilai ini tidak masuk akal, makanya kita datang ke sini kita undang perusahaan dan kita ajak diskusi, " tambahnya.

Menurut dia, dalam pertemuan ini, Komisi tiga berharap perusahaan jujur dalam membayar pajak. Karena prinsipnya pemabayaran pajak itu hitung sendiri dan bayar sendiri.

Seperti PT Meskom saat ini dari UPT Bapenda Riau di Bengkalis tercatat memiliki tunggakan hingga bulan Maret sekitar dua puluh tiga juta rupiah. Jumlah ini cukup sedikit, tetapi tidak dibayarkan oleh perusahaan.

"Kondisi ini tentu membuat kita sedih, dan kita minta mereka harus segera membayarkan. Begitu juga Kepala UPT Bapenda Riau di Bengkalis kita minta untuk tegas kepada perusahaan, " terangnya.

Menurut dia, perusahaan sudah menggunakan air, hutan dirusak. Masak disuruh bayar pajak segitu saja tidak mampu.

"Makanya kita minta mereka sadar dirilah, kalau tidak mampu membayar tutup saja perusahaaannya. Karena hasil dari pajak ini untuk masyarakat juga, sudah keterlaluan namanya kalau mereka tidak bayar, " tambahnya.

Dari pertemuan tadi, sudah ada kesepakatan bersama dengan perusahaan yang menunggak ini. Mereka berjanji akan membayar pajak air permukaan ini sampai bulan April nanti.

Menurut dia, Meskom berjanji akan membayar tunggakan ini paling lambat bulan April. Selain PT Meskom Argo Sarimas ada juga satu perusahaan lagi yang menunggak dan mereka juga menjanjikan akan segera membayarkan.

"Data yang kita dapat ada sebanyak tujuh perusahaan di Bengkalis ini yang merupakan wajib pajak air permukaan. Sedangkan perusahaan yang menunggak dan belum bayar ada dua perusahaan salah satunya Meskom, dan harus segera membayarkan tunggakan mereka, " terangnya.

Menurut dia, UPT Bapenda Riau di Bengkalis juga tadi sudah diingatkan agar mereka harus melakukan upaya lebih tegas lagi. Satu diantaranya UPT harus jemput bola langsung kepada perusahaan yang menunggak ini..

"Jangan hanya kirim surat saja, harus ada action di lapangan jemput bola. Target pajak ini harus tercapai, " terangnya.

Husaimi juga mengatakan, apa yang ditemukannya pada hari ini di lokasi akan disampaikan juga kepada Bapenda Riau di Pekanbaru nanti. Agar Bapenda Riau harus mengetahui kondisi di lapangan

Komisi III DPRD Riau yang datang selain ketua Komisj ada sebanyak empat anggota DPRD salah satunya Musliadi  dari Komisi ini juga mendampingi Ketua Komisi III.(yulistar)

Bengkalis Riau
Yulistar

Yulistar

Previous Article

Tak Kuat Nanjak Mobil Pick up Muat Sirtu...

Next Article

Walaupun Semalaman Diguyur Hujan, Titik...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 174

Postingan Tahun ini: 613

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 73

Postingan Tahun ini: 1026

Registered: Sep 22, 2020

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 60

Postingan Tahun ini: 204

Registered: Jan 24, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 58

Postingan Tahun ini: 547

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Widian.

Yusril Minta KPU Tunda Penetapan Pemenang Pilkada Labuhanbatu Tahun 2020
Akhirnya Terjawab Sudah, MK Terima Gugatan  Dan Mengadili Perkara PSU Pilkada 2020
Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
Pelaku Pembakar Rumah Di Desa Gancang Dijerat Pasal 178 KUHP Ancaman Penjara 12 Tahun

Follow Us

Recommended Posts

Kepala Divisi Pengawasan Transaksi Bursa Efek Indonesia Diperiksa Penyidik Jampidsus Terkait Dugaan Korupsi Pada PT. ASABRI
Kunker Virtual, Jaksa Agung Tegaskan Jangan Mudik
Jampidsus Limpahkan Laporan Hasil Penyelidikan Perkara Dugaan Korupsi Pengadaan Bantuan Benih Jagung Pada Penyidik Kejati Lampung
OTT Bupati Nganjuk,  Humas Polri: Wujud Sinergitas KPK dan Polri
Terkait Dugaan Korupsi PT. ASABRI, Penyidik Jampidsus Periksa Lima Saksi, Empat Ahli Serta Satu Tersangka